Senin, 19 Desember 2011

Obat Tradisional Untuk Flu / Influenza

Obat flu tradisional – Pada musim yang tak menentu seperti sekarang ini. Banyak orang yang mudah terkena penyakit flu. Influenza dikarenakan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup kemudian menggunakannya sebagai tempat berkembang biak. Virus ditularkan ke orang lain melalui butiran cairan dari air liur atau lendir yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Udara menjadi media penyebaran virus, jika Anda menghirup udara tersebut dengan kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat Anda mudah terkena flu.

Dengan menggunakan obat flu tradisional terbukti efektif dan berperan jauh lebih baik terhadap penderita influenza. Ada banyak bahan alami yang dapat membantu menyembuhkan tubuh dari penyakit. Beberapa orang tidak menyadari bahwa obat herbal dari alam dapat memberikan kita sifat penyembuhan yang efektif dengan sedikit atau tanpa biaya tambahan, karena bahan tersebut mudah di dapat di sekitar lingkungan rumah.

1. Yoghurt
Dari segi gizi, yoghurt merupakan produk makanan yang kaya akan zat gizi. Komposisi zat gizinya mirip susu dan bahkan ada beberapa komponen seperti vitamin B kompleks, kalsium, dan protein justru kandungannya relatif tinggi. Diperkirakan imun yang terkandung dalam yoghurt sangatlah tinggi.


2. Bawang Putih
Kandungan Allicin dalam bawang putih memiliki manfaat ampuh untuk melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu secara cepat. Akan tetapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes, bawang putih memang mampu membunuh virus influenza.


3. Kurma
Kurma diperkaya dengan potasium, mangan, dan antioksidan, buah ini membantu mendukung level pH yang sesuai bagi tubuh, membuat patogen sulit masuk ke jantung pertahanan tubuh. Pilih kurma yang berkulit gelap karena mengandung lebih banyak gizi, makanlah empat kurma sehari untuk mendukung sistem kekebalan Anda.


4. Jamur
Jamur lezat jika ditambahkan ke nasi merah. Namun jamur tersebut juga kaya dengan antioksidan yang disebut ergothioneine, yang dapat melindungi sel-sel tumbuh dari pertumbuhan abnormal dan bereplikasi menjadi sel mutan. Masaklah dengan anggur merah, yang mengandung antioksidan resveratrol, akan meningkatkan daya tahan tubuh.


5. Mineral seng
seng tak bisa diremehkan peranannya karena tak kurang dari 200 metalloenzim sangat tergantung padanya. Dengan kata lain seng sangat luas peranannya, terutama dalam hubungannya dengan berbagai penyakit akibat lemahnya pertahanan tubuh. Defisiensi seng oleh berbagai riset yang lain juga dilaporkan dapat mengurangi daya konsentrasi (mudah mengantuk), mengurangi daya penyembuhan luka, ketajaman pengecap, kulit kering dan kasar, anemia, berat badan merosot dan masih banyak lagi.


6. Spirulina
Spirulina, mikroalga yang berwarna biru, merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Warna biru pada spirulina berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Spirulina kaya akan vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, seng, selenium, zat besi, dan gamma linoleic acid (GLA). Phycocyanin merupakan protein kompleks terbanyak dalam spirulina yang memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih, yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh. Serta sel darah merah, yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Spirulina juga sangat kaya akan kandungan selenium, yang sangat berperan dalam sistem imunitas tubuh.


7. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.


Jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai Mencegah dan Mengobati Influenza / Flu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar