Jumat, 07 Juni 2013

Bangun Kepagian Bagi Wanita Rentan Kena Penyakit Jantung?

sakit jantung wanita
Kita semua tahu, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh dalam perbaikan sel-sel tubuh dan detoxifikasi. Bukan hanya jadwal yang buruk untuk tidur, akan tetapi bangun kepagian juga menyebabkan penyakit jantung.

Seperti dilansir dari penelitian terbaru dari University of California, 700 wanita yang tidurnya kurang dari enam jam dan cenderung bangun kepagian berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Para peneliti pun hanya fokus pada wanita dan tidak melibatkan pria di dalam analisisnya.
"Kurang tidur dan kecenderungan bangun terlalu pagi meningkatkan inflamasi yang memicu penyakit jantung," papar kepala penulis penelitian, Dr Aric Prathe, seperti yang dikutip dari Daily Mail (06/06).
Hasil penelitian tersebut pun dilaporkan dalam Journal of Psychiatric Research.
Sementara itu, sebelumnya peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore membuktikan kalau perubahan empat gaya hidup mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan menurunkan kematian dari berbagai masalah kesehatan sampai 80 persen.
Perubahan empat gaya hidup tersebut di antaranya adalah menjalani diet mediterania, menjaga berat badan seimbang, olahraga teratur, dan menghentikan kebiasaan merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar