Selasa, 10 Juli 2012

Penyebab dan Cara Mencegah Depresi

Depresi merupakan gangguan yang dapat mempengaruhi tubuh, energi, konsentrasi, pikiran dan masih banyak lagi. Depresi dapat membuat orang yang mengalaminya merasa putus asa, sedih, mudah marah dan tak berdaya. Depresi bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin atau status sosial.

Depresi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut beberapa hal yang dapat menimbulkan depresi.

gambar wanita depresi, apa itu depresi, pencegahan depresi
1. Tekanan
Depresi dapat terjadi karena tekanan yang bisa timbul akibat stres. Stres sosial, pekerjaan, kehilangan pekerjaan, kegagalan, khawatir terhadap uang, gaya hidup di luar batas dan tekanan dari sekolah agar mendapatkan nilai yang bagus adalah beberapa hal yang bisa membuat stres dan menimbulkan tekanan sehingga bisa muncul depresi.

Hal lain yang dapat memunculkan tekanan adalah tidak diterima di lingkungan sosial, terlalu sibuk bekerja dan bahkan takut yang tidak diketahui penyebabnya. Masih banyak lagi masalah kehidupan lain yang dapat menyebabkan depresi.

2. Narkoba dan alkohol
Orang yang sering memakai narkoba dan meminum alkohol sangat rentan terkena depresi. Narkoba dan alkohol dapat membuat penggunanya kecanduan. Orang yang memakainya bisa merasakan lebih tenang, namun hanya untuk sementara waktu.

3. Kurang tidur
Tidur merupakan kegiatan istirahat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kekurangan waktu tidur dapat mengurangi koherensi di dalam gelombag otak. Hal ini dapat menyebabkan depresi. Kegiatan tidur siang hingga larut malam dapat mengacaukan ritme alami pada tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan depresi.

Setelah penyebab depresi, berikut beberapa cara untuk mencegah depresi.

1. Cukup istirahat
Tidur merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mencegah depresi. Cukup istirahat dan olahraga dapat membuat tubuh lebih rileks dan tidak tegang sehingga dapat mencegah depresi.

2. Hindari stres
Bila melakukan suatu kegiatan, jangan memaksakan diri untuk melakukan hal di luar batas. Bila stres datang, mencoba untuk menghindarkan diri dari stres adalah langkah yang baik untuk mencegah depresi. Bila sudah terlanjur terkena stres, mencoba untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi stres merupakan hal yang baik dalam pencegahan depresi.

3. Hindari narkoba dan alkohol
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan narkoba dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan depresi. Oleh karena itu, menghindari narkoba dan alkohol adalah langkah yang baik untuk mencegah depresi.

4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan
Kegiatan menyenangkan seperti melakukan hobi bisa mencegah depresi. Bercanda dengan teman-teman bisa menghilangkan rasa penat di dalam otak.

5. Makan secara teratur
Salah satu fungsi makanan adalah untuk menjaga tubuh dari keadaan stres. Oleh karena itu, makan secara teratur juga penting untuk menjaga diri dari kondisi depresi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar