Sabtu, 07 Juli 2012

Cara Mengatasi Jerawat | Tips Menghilangkan dan Mengurangi Jerawat

Jerawat merupakan masalah serius yang harus diatasi. Masalah jerawat bukan berbahaya atau tidaknya bagi kesehatan, tetapi lebih cenderung mengarah ke kehidupan sosial, terutama pada kehidupan remaja. Sebetulnya, jerawat yang timbul saat remaja adalah hal yang wajar. Masa remaja adalah masa pubertas di mana terjadi perubahan hormon yang mulai menyebar ke seluruh tubuh.

Jerawat timbul akibat minyak dan kotoran yang tersumbat sehingga tidak bisa keluar melalui pori-pori kulit. Ada berbagai produk yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Meski begitu, mungkin perlu mencoba beberapa produk sebelum menemukan produk yang cocok. Berikut beberapa tips untuk mengatasi jerawat.

1. Hindari mencongkel jerawat
tips ampuh hilangkan jerawat, cara mengatasi jerawat, bahaya jerawat, apakah jerawat boleh dipencet?Mencongkel jerawat mungkin hanya mengelupas kulit bagian atas saja. Mencongkel jerawat juga bisa menyebabkan darah keluar pada daerah yang terkena jerawat. Akibatnya bisa menjadi kemerahan dan bisa meninggalkan bekas luka. Mencongkel jerawat juga dapat menyebabkan kulit terkena kuman yang berasal dari kuku. Alih-alih ingin menghilangkan jerawat, tapi justru bisa menambah parah.

2. Minum air putih
Meminum air putih dapat mencegah pori-pori dari penyumbatan sehingga dapat melembabkan kulit. Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari dapat mengurangi produksi minyak. Minum air putih juga dapat meringankan stres dan membuat tubuh menjadi rileks sehingga membuat tubuh menjadi lebih baik.

3. Kurangi makan makanan lemak tinggi
Hindari kebiasaan memakan makanan yang mengandung banyak lemak atau setidaknya mengurangi kebiasaan tersebut. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat memproduksi minyak yang mampu menghasilkan jerawat.

4. Minum teh hijau
Dalam teh hijau terdapat kandungan polyphenol dan antioksidan penting lainnya. Selain sebagai anti bakteri, teh hijau juga dapat mengurangi aktivitas hormonal, karena jerawat sering disebabkan oleh hormon yang memproduksi kelebihan minyak dan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan noda. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah jerawat karena membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi jerawat. Sebenarnya ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, dari mulai menggunakan bahan-bahan herbal tertentu hingga melakuukan perawatan-perawatan tertentu. Namun, bila jerawat sudah parah, sebaiknya dikonsultasikan kepada ahlinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar