Rabu, 08 Mei 2013

Ciri-ciri Orang Berbohong Saat Berbicara

Ciri-ciri Orang Berbohong - Berbicara kepada seseorang mungkin sulit sekali dari kita untuk tahu apakah mereka mengucapkan perkataan yang jujur atau berbohong terkecuali jika anda memiliki kemampuan "lebih". nah bagaimana jika anda hanya orang yang biasa-biasa saja tapi ingin mengetahui ciri-ciri orang berbohong?

ciri-ciri orang berbohong

Tentunya ini adalah sebuah teknik yang didapat dari sebuah penelitian dimana otak akan melakukan sebuah stimulasi ketika seseorang ingin menutupi sesuatu yang tidak ingin orang lain ketahui dalam hal ini adalah sebuah kebohongan.

Teknik yang dikembangkan oleh seorang profesor psikologi bernama Paul Ekman telah lama menghabiskan waktunya untuk mendapatkan metode dengan melihat mimik wajah dan gerak tubuh lawan berbicara apakah sedang berbohong atau tidak.

Metode ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah lwan bicara sedang merasakan kemarahan, kegembiraan, kesedihan, keterkejutan atau ketakutan. ini telah banyak membantu pihak kepolisian dalam mengungkap suatu kasus di Amerika Serikat.

Baik berikut ciri-ciri orang sedang berbohong

1. Pupil mata membesar atau gerakan mata, dimana ketika seseorang mengucapkan sebuah kebohongan maka ia cenderung untuk menghindari kontak mata kepada lawan bicaranya dan juga lebih sering bekedip atau melirikan mata ke arah kanan (dari sisi orang yang diduga berbohong), penjelasannya adalah jika orang melirik ke kanan berarti ia sedang berusaha untuk mengarang sebuah cerita dan ketika ia melirik ke kiri berarti ia sedang berusaha mengingat sesuatu yang ingin disampaikan.

2. Sering Menelan Ludah, ini dikarenakan karena perasaan yang tidak nyaman yang dirasakan pembicara.

3. Bermain-main dengan jari, ini biasanya dilakukan oleh anak-anak namun tidak jarang orang dewasa juga melakukannya terutama para wanita.

4. Menyentuh Bibir, misalnya menggaruk hidung atau mengusap bibir dengan jari.

5. Terbatasnya gerakan tubuh, jika orang sedang mengatakan yang sebenarnya maka ia akan cenderung lebih aktif seperti berbicara dengan bantuan intonasi dari gerakan tangan. jadi jika ia hanya diam konstan berarti ia sedang berusaha menutupi sesuatu.

6. Mimik wajah tidak singkron dengan apa yang diucapkan. ini yang paling mudah. contohnya gini ; pernah lihat seseorang yang sedang ngambek ketika ditanya "apakah kamu sedang marah?" dijawab dengan "tidak" sambil cemberut. nah, mudah bukan.

7. Menempatkan benda-benda didepannya saat berbicara, ketika berbicara kepada seseorang dengan berhadap-hadapan di sebuah meja dan ia berusaha menaruh sesuatu didepannya.

8. Pembohong tidak akan nyaman dengan sebuah keheningan atau jeda yang lama dalam sebuah pembicaraan maka ia akan berbicara lagi untuk meyakinkan lawan bicaranya.

nah, itulah ciri-ciri orang berbohong yang sangat mudah untuk diketahui, sekarang cobalah minta seseorang untuk menceritakan sesuatu yang bohong kepada anda lalu perhatikan dengan seksama apakah ciri-cirinya cocok. Semoga Bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar