Selasa, 12 Februari 2013

Cotton Bud Berhaya Bagi Telinga Anda

Ini tidak main-main, jika anda punya kebiasaan mengorek kuping dengan cotton bud, sebaiknya anda hentikan kebiasaan itu. Pasalnya, cotton bud bisa menimbulkan  iritasi dan kotoran telingan terdorong kearah dalam. Dikutip dari Yahoo She penggunaan sabun untuk membersihkan telinga, dan hindari membersihkan liang telinga sendiri dengan cotton bud, karena dapat menyebakan kotoran telinga makin terdesak ke dalam dan ada risiko iritasi pada telinga akibat mengorek terlalu keras dan dalam.

Dalam keadaan normal, telinga mempunyai mekanisme untuk membersihkan dengan sendirinya, karena serumen dan serpihan kulit telinga akibat pergantian sel akan menuju bagian terluar telinga dengan sendirinya. Biasanya dokter hanya menganjurkkan untuk membersihkan daun telinga dan lubang terluar.

Selain infeksi, gatal juga bisa disebabkan karena reaksi alergi dan adanya kotoran telinga. Gatal akibat reaksi alergi biasanya tidak hanya pada telinga saja. Biasanya akan muncul pula reaksi alergi lain seperti kulit yang kemerahan dan gatal ataupun mata menjadi bengkak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar