Jumat, 05 April 2013

Cara Memilih Shampoo yang Cocok Untuk Rambut Anda


Blog Dokter | Cara memilih shampoo yang aman bagi rambut agar tetap sehat dan tidak mudah rusak, cara memilih shampoo yang aman bagi rambut perlu anda ketahui dalam mementukan pilihan terhadap shampoo apa yang cocok anda gunakan bagi rambut anda sesuai dengan kondisi dan jenis rambut yang anda miliki. Shampoo dengan berbagai merk dan bermacam bahan serta berbagai manfaat yang dapat ditemukan ternyata tidaklah semua itu tepat digunakan bagi rambut anda.

Bentuk perawatan rambut yang tersedia dari berbagai macam jenis shampoo ini tentunya ditujukan bagi anda agar melakukan tindakan yang tepat dalam menjaga keindahan serta kesehatan rambut. Tanpa memperhatikan shampoo yang anda gunakan tentunya rambut dapat berakibat tidak sehat bahkan menjadi rusak karena jenis perawatan yang anda gunakan belumlah tepat.

Berikut ini cara memilih shampoo yang aman bagi rambut dalam menjaga kesehatan dan rambut yang perlu anda ketahui;

Bahan dasar shampoo
Ketahui bahan-bahan yang digunakan pada shampoo yang anda hendak beli atau gunakan dalam perawatan terhadap rambut. Pilihlah shampoo yang menggunakan bahan selembut mungkin, tentunya dengan bahan yang lembut ini tidak merusak kulit terutama kulit kepala anda. Perhatikan juga bahan dasar yang digunakan pada shampoo yang mengandung sodium laureth sulfate. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat shampoo menjadi berbusa, efek yang ditimbulkan dari penggunaan bahan tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering juga dapat mengangkat kelembaban alami pada rambut. Pilihlah shampoo yang memiliki sedikit kandungan bahan ini atau hindari shampoo yang menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya.

Jenis rambut
Kenali terlebih dahulu jenis rambut yang anda miliki sebelum anda menentukan pilihan akan jenis shampoo apa yang tepat untuk anda gunakan. Masing-masing shampoo tentunya memiliki keunggulan dan kelebihan dalam mengatasi suatu masalah rambut. Jadi sebaiknya kenali jenis rambut anda dan temukan masalah apa yang terdapat pada rambut anda serta sesuaikan juga dengan kebutuhan anda.

Kulit kepala
Memperhatikan kondisi kulit kepala sebelum menentukan terhadap shampoo apa yang ingin anda gunakan juga perlu anda lakukan. Jika anda memiliki jenis kulit kepala yang berminyak, sebaiknya hindari shampoo yang memiliki label/keterangan hydrating, moisturizing serta smoothing. Shampoo yang bercirikan tersebut jika digunakan pada kulit kepala yang berminyak akan menyebabkan rambut menjadi lebih lembab dan nampak lepek. Untuk jenis kulit kepala kering sebaiknya anda menggunakan shampoo yang berbahan dasar menthol ataupun tea tree oil, bahan ini berfungsi dengan baik untuk melembabkan serta memberikan kesegaran pada kulit kepala yang kering.

Shampoo dan conditioner
Kedua produk ini memiliki fungsi dan tugas masing-masing dalam menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Penggunaan kedua bahan ini juga berbeda, sebaiknya gunakan shampoo dan conditioner secara terpisah. Sebab dalam menggunakan conditioner tentunya diharuskan tidak mengenai kulit kepala anda. Karena pada prinsipnya shampoo ditujuan untuk menjaga kesehatan kulit kepala sedangkan conditioner berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Pertahankan terhadap pilihan
Jika dalam penggunaan suatu jenis shampoo dan telah menunjukan hasil yang nyata anda peroleh, sebaiknya pertahankan pilihan tersebut. Jangan coba-coba untuk mengganti shampoo yang telah anda gunakan dan terbukti menunjukan hasil tersebut. Hasil yang baik terhadap penggunaan pilihan shampoo yang tepat adalah rambut menjadi lebih lembut, tidak adanya rasa gatal dikulit kepala serta rasa nyaman pada rambut anda disetiap kali anda berpenampilan.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar