Rabu, 17 April 2013

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun - Selama ini pengobatan medis yang lebih sering digunakan untuk berbagai jenis penyakit, meskipun kita juga tahu bahwa sudah banyak pengobatan alternatif lain yang bisa juga menjadi pilihan, metode pengobatan ini dikenal dengan nama obat herbal.

minyak zaitun

Ada banyak obat-obatan yang berasal dari ramuan herbal, salah satunya adalah minyak zaitun. Berbicara mengenai khasiatnya, sudah tidak diragukan lagi bahwa jenis minyak ini sangat banyak fungsinya. Dan yang paling terkenal dari khasiat minyak zaitun ini adalah untuk peremajaan kulit supaya terlihat awet muda. Tapi bukan itu saja manfaat yang bisa didapatkan dari minyak zaitun ini, masih ada beberapa manfaat lagi yang diantaranya adalah :

1. Mengobati Diabetes
Penyakit diabetes adalah penyakit yang dikarenakan berlebihnya kadar gula dalam darah  seseorang, dan dengan mengkonsumsi minyak zaitun diyakini sangat efektif untuk menurunkan kadar gula, karena itu juga minyak zaitun sering disebut dengan nama  lemak tak jenuh tunggal.

2. Membantu Mengobati Penyakit Jantung
Dalam hal penyakit ini, penderita penyakit jantung yang mengkonsumsi minyak zaitun maka efeknya dapat memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol. Sebagai penambahan, minyak zaitun juga dapat menekan kolesterol jahat dan membiarkan kolesterol baik. Penelitian lain juga membuktikan bahwa minyak zaitun dapat membantu menurunkan tingkat risiko serangan jantung karena kandungan antioksidan nabatinya yang sangat tinggi.

3. Mencegah Pikun
Sehubungan dengan khasiat minyak zaitun sebagai asam lemak tak jenuh, hal ini juga berkaitan dengan perawatan struktur sel dan membran dalam otak, sehingga dengan berkecukupan mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu mencegah hilangnya ingatan atau pikun.

4. Membantu Melawan Kanker
Sehubungan dengan penyakit kanker, ilmu medis meyakini bahwa minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel. Lebih spesifik lagi dikatakan bahwa Fenol dalam minyak zaitun yang berperan sebagai antioksidan pencegah penyakit atau menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menghilangkan Artritis ( Nyeri Sendi )
Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara berkecukupan maka dapat mencegah atau meredakan rasa nyeri pada sendi serta pengeroposan tulang. Lebih spesifik lagi dijelaskan bahwa Minyak zaitun yang dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari memiliki efek anti nyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Zat dalam minyak zaitun yang berfungsi efektif sehubungan dengan hal ini adalah prostaglandin yang dapat mencegah pembengkakan dan nyeri.

6. Menghentikan Rasa Nyeri
Sehubungan dengan hal ini, kandungan minyak zaitun yang diyakini dapat mencegah peradangan adalah oleokantal, khasiatnya sama seperti rasa sakit seperti obat pereda nyeri lainya.

7. Mencegah Osteoporosis
Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara berkecukupan maka dapat membantu penyerapan kalsium dan mencegah pengeroposan tulang.

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus HIV
Sehubungan dengan khasiat ini, kandungan dalam minyak zaitun yang diyakini dapat melawan virus HIV adalah Asam maslinat, dan biasanya zat ini terdapat pada minyak zaitun mengkal.

9. Mengobati Bekas Jerawat
Sama seperti khasiat minyak zaitun secara umum yang sudah dijelaskan sebagai obat awet muda, salah satunya adalah menghilangkan bekas jerawat jika dioleskan di bekas jerawat secara teratur perlahan bekas jerawat akan hilang, pergunakanlah setiap hari dan dengan cara yang tepat supaya kulit tetap segar dan awet muda.

Dan mengenai cara penggunaan obat-obatan yang berasal dari minyak zaitun ini tergantung pada penyakit atau bagian tubuh mana yang memerlukan pengobatan, misalnya untuk peremajaan kulit maka minyak zaitun bisa digunakan sebagai obat oles, atau juga dengan cara dikonsumsi langsung setelah dicampurkan dengan makanan dan minuman.

Sekian sekelumit penjelasan mengenai khasiat minyak zaitun, semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar