Jumat, 26 April 2013

Tips Sehat untuk menikmati Kopi

Tips Sehat untuk menikmati Kopi

Minum kopi seperti lainnya jika dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik dan biasanya menimbulkan efek negatif, sehingga kopi harus dinikmati dengan dosis yang proporsional. Tidak ada batas atau ukuran tertentu untuk menikmati kopi dalam sehari. Selama kopi tidak menimbulkan masalah bagi lambung, tentu menikmatinya setiap hari tidak menjadi masalah. Bahkan, 3 cangkir kopi dalam sehari tidak memberikan efek buruk bagi orang sehat.

Kandungan caffeine perlu diperhatikan oleh penikmat minuman ini. Kandungan caffeine yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, kopi tanpa caffeine juga disediakan di pasaran dan memang dibuat khusus bagi pecinta minuman kopi yang tidak mau mengalami gangguan kesehatan. Kopi seperti ini juga cukup berguna bagi penderita obesitas atau untuk mengurangi risiko sakit jantung. Perlu diperhatikan, cara pengolahan kopi sangat memengaruhi kandungan caffeine.

Selain caffeine, waktu yang tepat untuk menikmati kopi juga perlu dipertimbangkan. Waktu yang tepat adalah pagi atau malam. Jika menikmatinya pada pagi hari, jangan biarkan perut dalam kondisi kosong. Sarapanlah terlebih dahulu sebelum menyentuh minuman ini.

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan. Perokok biasanya menikmati asap rokok sambil minum kopi. Cara ini sangat tidak disarankan karena dua alasan. Pertama, rokok tidak baik untuk kesehatan. Kedua, rokok justru merusak cita rasa kopi itu sendiri.

Kopi sendiri tidak selamanya memberikan dampak positif bagi tubuh. Kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan tentu sangat tidak cocok untuk penderita hipertensi. Efek samping lainnya adalah kerusakan ginjal dan organ dalam yang penting bagi tubuh. Kopi yang dikonsumsi secara berlebihan juga meningkatkan risiko sakit jantung koroner. Selain itu, asam lambung menjadi lebih tinggi. Jika mengalami gelisah, gangguan tidur, atau gangguan mood, aktivitas minum kopi perlu dibatasi. Sayangnya, berhenti untuk minum kopi tidaklah mudah karena orang yang sudah terbiasa mengkonsumsinya biasanya akan mengalami sakit kepala. Sakit tersebut biasanya akan hilang setelah minum kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar