Senin, 15 April 2013

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Putih - Bawang putih atau dalam bahasa ilmiahnya Allium Sativum merupakan tanaman umbi yang tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, namun ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan sejak tahun 1950 sebelum Masehi telah digunakan sebagai obat-obatan untuk beberapa penyakit.

bawang putih

Bawang putih sudah sejak dulu digunakan oleh para dokter untuk mengobati pasien yang mengalami gangguan pencernaan, infeksi, kanker, luka, dan jantung. Selama Perang Dunia II, para dokter militer Rusia menggunakan bawang putih untuk mengobati prajurit yang terluka.

Pada abad ke-20, dokter terkenal dari Afrika, Albert Schweitzer telah berhasil mengobati penyakit disentri amuba dan penyakit-penyakit lain menggunakan bawang putih.

Khasiat bawang putih dalam mengobati kesehatan sudah terbukti sejak dulu dengan dilakukannya beberapa penelitian dan terbukti mampu mengobati berbagai penyakit.

Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan bawang putih antara lain:

1. Diabetes
Bawang putih yang diserap oleh tubuh dapat membantu produksi insulin lebih meningkat.  Meningkatnya produksi insulin dapat merubah gula darah menjadi energi lebih banyak, sehingga resiko diabetespun dapat dihindari.

2. Tekanan darah tinggi
Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang  tinggi merupakan  salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindarinya, mengonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Kolesterol
Sekitar 20%, tingkat kolesterol darah dalam tubuh akan menurun dengan membiasakan mengonsumsi bawang putih. Kebiasaan sehat ini, akan membuat tubuh terhindar dari penyakit yang diakibatkan tingginya kolesterol dalam darah, seperti jantung koroner yang diakibatkan tersumbatnya peredaran darah.

4. Kanker
Salah satu penyebab kanker adalah buruknya lingkungan seperti udara yang tercemar sehingga menimbulkan polusi. Hal ini dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh sehingga memacu resiko kanker. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi bawang putih satu atau dua kali dalam seminggu dapat menghindari terjadinya resiko tersebut.

5. Flu dan batuk
Bawang putih mengandung sulfur sehingga dapat membantu melegakan tenggorokan. Selain itu dapat juga mengeluarkan lendir yang sulit untuk dikeluarkan. Hal ini karena bau yang dimiliki bawang putih dapat meningkatkan kerja di saluran pernafasan, yaitu di sekitar membrane di mucous.

Itulah beberapa khasiat bawang putih untuk membantu atau menghindari penyakit dalam tubuh.

Lalu mengapa bawang putih bisa membantu mengobati penyakit? Ternyata bawang putih mengandung protein, vitamin A, B1,  C, fospor, lemak, dan besi. Kandungan tersebut berguna untuk mengikat logam dan racun di hati sehingga dapat dikeluarkan.

Bawang putih pun merupakan antimikrobial dan antiperadangan yang  membantu proses penyembuhan dan pencegahan infeksi. Beberapa vitamin serta mineral yang dikandung bawang putih mampu menghambat rusaknya sel-sel dan perkembangan sel-sel tumor. Hal ini karena efek antioksidan dari phytochemical. Antioksidan alami yang dikandung bawang putih mampu menangkal radikal bebas sehingga membantu kinerja sistem imun lebih maksimal.

Selain itu, kandungan asam amino dan konstituen allicin dalam bawang putih bermanfaat untuk kesehatan, seperti antikolesterol, darah tinggi dan lain-lain.

Khasiat bawang putih terbukti membantu dapat menjaga kesehatan dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, biasakanlah mengonsumsi bawang putih. Mencegah lebih baik daripada mengobati dengan biaya dan proses yang jadi rumit. Semoga Bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar