Sabtu, 08 Desember 2012

Khasiat Buah Anggur

Khasiat Buah Anggur - Vitis vinifera merupakan bahasa latin dari buah anggur. Merupakan buah yang tergolong dalam family Vitaceae ini hidup di daratan rendah dan membutuhkan musim kemarau yang panjang (4-7 bulan) sebagai faktor keberlangsungan hidupnya. Intensitas cahaya matahari yang tinggi memang akan lebih mengoptimalkan tanaman anggur untuk tumbuh dan menghasilkan buah dengan kualitas paling baik.

buah anggur

Terdapat 75 macam varietas anggur di Indonesia antara lain Probolinggo biru, Sultanan, Golden champion, beacon, banjar sari, dan lain-lain. Buah anggur ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan khasiat buah anggur yang mampu mencegah maupun mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat buah anggur ada karena terdapat senyawa metabolit sekunder yang dihasil oleh buah ini. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi juga membuat anggur baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Sebenarnya apa fungsi dari senyawa-senyawa tersebut di dalam tubuh manusia? Mari simak tulisan berikut:

1. Vitamin. Kandungan vitamin yang terdapat di dalam anggur cukup beragam diantaranya vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6, B9 (asam folat), C, dan K. masing-masing vitamin memiliki kadar yang berbeda didalam buah anggur. Vitamin B1 dan B2 memiliki kadar 5%, vitamin B3, B5, dan B9 memiliki kadar 1%, vitamin B6 memiliki kadar 7%, vitamin C sebesar 18%, dan vitamin K yang memiliki kadar yang paling tinggi di dalam buah anggur sebesar 21%. Kadar tersebut dihitung per 100 gram anggur. Tentu fungsi setiap vitamin juga berbeda-beda. Vitamin B secara umum berfungsi sebagai produksi energi di dalam tubuh, membantu dalam pemecahan lemak dan protein yang mampu mempertahankan fungsi sel saraf, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori, untuk kesehata kulit, rambut dan kuku, dan mejaga kesehatan janin saat di kandungan (terutama B9-asam folat).

Vitamin C untuk membantu sistem imun dan pertahanan tubuh, membantu metabolism kolesterol menjadi asam empedu, dan membantu kesehatan kulit. Vitamin K sendiri memiliki fungsi untuk proses pembekuan darah saat mengalami luka, untuk pertumbuhan tulang, pencegahan osteoporosis, dan mngontrol kadar gula dalam darah. Banyaknya kandungan vitamin membuat khasiat buah anggur semakin terbukti terutama dijadikan makanan antioksidan yang baik. Sehingga untuk mencegah penyakit kanker sangat baik anda mengkonsumsi buah anggur setiap hari.

2. Kalium, zat besi, dan fosforus. Ketiga mineral ini juga memmiliki kadar yang cukup tinggi di buah anggur. Kalium sebanyak 4%, zat besi 3%, dan fosfurus 3% dalam setiap 100 gram buah anggur. Kalium sangat dibutuhkan oleh manusia untuk pertumbuhan. Zat besi membantu lambung dan usus dalam penyerapan gizi makanan. Fosforus sendiri untuk kesehatan tulang dan gigi.

3. Magnesium, zinc, dan kalsium. Kadar dari ketiga mineral ini dalam 100 gram buah anggur berkisar antara 1-2%. Magnesium sendiri berfungsi dalam aktivitas seluler. Zinc membantu pertumbuhan dan sistem imun. Kalsium untuk kebutuhan tulang agar tidak mudah keropos.

Dengan banyaknya kandungan diatas maka khasiat buah anggur dipercaya dapat menyembuhkan kanker, penyakit pencernaan, membantu kerja otak terutama yang berkaitan dengan penyimpanan memori, penyakit jantung, gangguan ginjal, dan lain-lain. Khasiat Buah Anggur yang lain juga dapat membangkitkan semangat, menghilangkan rasa lelah, dan imunitas. Sifat pembentuk basa pada anggur menjadikan buah ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga tidak adanya senyawa toksik atau lemak yang tersangkut dan membahayakan jantung. Sekarang sudah tahukan mengapa mengkonsumsi buah anggur itu sangat baik bagi kesehatan, selamat berburu anggur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar