Senin, 17 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya

Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya - Siapa yang tidak mengenal buah pepaya? Buah dengan warna orange menyala ini menjadi membuat buah ini terasa segar untuk dikonsumsi. Pohon pepaya biasanya tidak begitu tinggi hanya sekitar 5-10 m dengan jumlah percabangan sedikit atau bahkan tidak memiliki percabangan. Banyak manfaat dari tanaman yang satu ini, dari daun, kulit buah, daging buah, dan akar memiliki manfaat masing-masing.

buah pepaya

Carica pepaya L. merupakan nama latin dari buah ini, tergolong dalam family Caricaceae adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan kawasan sekitar Meksiko dan Costa Rica. Tanaman ini mampu hidup pada lingkungan tropis dan subtropis, hal inilah yang membuat pepaya mampu hidup dengan baik di Indonesia. Julukan “Friut of The Angels” (buah malaikat) untuk buah pepaya diberikan oleh Christoper Columbus karena menampakkan rasa yang manis, buah yang empuk, dan warna yang cantik.

Banyak orang yang mengkonsumsi buah ini tanpa mengetahui khasiat buah tersebut. Khasiat buah papaya sangat banyak, hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya yang banyak. Apa saja kandungan nutrisi dan khasiatnya?

1. Vitamin. Buah papaya disebut juga gudangnya vitamin, hal ini disebabkan oleh ragamnya variasi vitamin dan banyaknya kadar yang dikandung disetiap buahnya. Vitamin A, C, E, dan K mendominasi buah pepaya ini. Kandungan vitamin paling tinggi adalah vitamin C sehingga pepaya ini sangat bagus untuk membantu mempertahankan sistem imun. Kulit buahnya yang mengandung vitamin ini juga terkadang dijadikan penyembuh luka dan masker untuk kulit.

Khasiat buah pepaya dengan banyaknya kandungan vitamin ini adalah mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah), antiinflamasi, pertahanan sistem imun, mencegah nyeri pada tulang, pembekuan darah, kesehatan mata, dan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C pada pepaya ini bahkan melebihi kandungan pada jeruk dan lemon. Jadi untuk anda yang sariawan konsumsi pepaya sangat baik untuk mengobati sariawan anda.

2. Kalium dan kalsium. Kandungan kalium pada pepaya juga sangat tinggi, begitupula kandungan kalsiumnya. Khasiat buah pepaya karena kandungan ini adalah membantu kerja sel pada tubuh, mengatur laju detak jantung, dan tekanan darah. Dengan normalnya denyut jantung dan tekanan darah maka anda juga terbebas dari penyakit berat lainnya seperti serangan jantung, stroke, dan darah tinggi.

3. Flavonoid. Jenis flavanoid yang terdapat di dalam pepaya adalah lutein, zea-xanthin, dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa antioksidant yang mampu melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga khasiat buah pepaya karena adanya kandungan antioksidant ini adalah untuk melawan penuaan dini, kanker paru-paru, dan kanker pencernaan.

4. Energi, karbohidrat, protein, lemak total, serat. Kelima kandungan tersebut semuanya ada pada buah pepaya. Jumlah yang paling banyak adalah karbohidrat dan paling rendah adalah lemak total. Sehingga dapat dikatakan bahwa buah pepaya adalah buah yang pas untuk diet karena menambah asupan karbohidrat tanpa menambah lemak. Teksturnya yang mudah dimakan ini menyebabkan semua nutrisi dalam pepaya bisa langsung dipakai di dalam tubuh tanpa memerlukan proses yang lebih panjang seperti memakan jenis karbohidrat lainnya.

5. Zat besi, magnesium, fosfat, dan zinc. Adanya keempat kandungan ini membuat buah pepaya semakin baik untuk dikonsumsi. Khasiat buah pepaya dengan adanya kandungan tersebut adalah untuk mengembalikan stamina, kesehatan tulang, dan menambah kebugaran tubuh.

Menarik bukan memanfaatkan buah pepaya? Selain rasanya enak Khasiat dan Manfaat Buah Pepaya juga banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar