Minggu, 09 Desember 2012

Khasiat Buah Apel

Khasiat Buah Apel - Warna buahnya yang menggoda membuat buah ini banyak sekali yang suka. Warna merah yang mencolok atau hijau yang segar serta tekstur dan rasa yang enak di lidah membuat buah ini di konsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Malus domestica merupakan nama latin dari buah ini, tergolong dalam divisi Magnoliophyta dan family Rosaceae merupakan buah yang pertama kali ditemukan di sekitaran danau di Swiss. Meskipun beberapa ahli juga berpendapat buah ini berasal dari Kazakhtan di Asia Tengah, hal ini hanya membuktikan bahwa buah apel ini memang sudah ada sejak zaman dahulu.

Buah Apel

Khasiat buah apel juga banyak sekali dan terbukti kebenarannya karena melewati percobaan ilmiah. Khasiat yang paling umum diketahui oleh banyak orang adalah apel sebagai antioksidant, artinya apel mampu mencegah penyakit kanker agar tidak menyerang tubuh kita. Beberapa penyakit kanker yang sudah diteliti mampu dicegah oleh buah apel antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, dan kanker usus.

Khasiat buah apel lainnya adalah mampu mengurangi rasa lapar (nafsu makan), menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengontrol diabetes, melindungi kesehatan tulang, mencegah asma, dan mencegah penyakit lupa ingatan seperti Al-zheimer. Mengkonsumsi apel secara teratur memang baik bagi tubuh, selain karena nutrisinya yang lengkap khasiat buah apel ini juga memang menjanjikan, akan tetapi apakah anda tahu apa yang menyebabkan buah ini bisa memiliki begitu banyak khasiat? Terutama kemampuannya dalam mencegah berbagai kanker yang menakutkan?

1. Kandungan senyawa antioksidant yang tinggi seperti quercetin-3-galactoside, quercetin-3-glukosida, quercetin-3-rhamnoside, catechin, epicatechin, procyanidin, cyanidin-3-galactoside, asam coumaric, asam chlorogenic, asam galat, dan phloridzin membuat apel mampu mencegah berbagai jenis kanker menyerang tubuh. Kadar dari senyawa ini memang berbeda-beda pada setiap jenis varietas apel dan bagian dari buah apel itu sendiri, selain itu kadar ini juga ditentukan dari faktor lingkungan dimana apel tumbuh, cara kultivasi, pemanenan, dan pemrosesannya. Namun dapat dipastikan antioksidant tersebut memang terkandung di setiap jenis varietasnya.

Kandungan aktioksidant diatas juga banyak terkandung pada kulit apel dibandingkan pada daging buahnya. Setiap jenis senyawa antioksidant berfungsi secara berbeda di dalam tubuh, seperti golongan quercetin lebih mengarah pada pencegahan kanker dan penyakit jantung, asam klorogenat dapat menghambat pembentukan kanker, dan kandungan catechin, epicatechin dan procyanidin dalam apel memiliki aktivitas antioksidant kuat untuk menghambat terbentuknya kolesterol jahat (LDL- Low Density Lipoprotein) sehingga hal tersebut menjelaskan mengapa apel mampu mencegah penumbukan kolesterol di dalam pembuluh darah.

2. Flavanoid. Senyawa metabolit sekunder ini juga membantu mencegah terbentuknya kanker didalam tubuh. Berfungsi sebagai antioksidant yang sangat baik terutama untuk pencegahan kanker payudaya.

3. Vitamin dan Unsur mineral. Banyaknya vitamin yang terkandung seperti A, B kompleks dan C juga membuat apel semakin sehat untuk dikonsumsi. Unsur mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan kalsium semakin membuat khasiat buah apel memang terbukti benar.

4. Kandungan karbohidrat dan lemat. Kedua kandungan ini lah yang menyebabkan apel baik dikonsumsi saat anda sedang menjalani proses diet. Serat yang melimpah pada buah apel juga membuat rasa lapar tidak cepat datang.

Menarik bukan mengetahui senyawa yang terkandung dalam buah apel. Jangan ragu untuk menjadi apel sebagai pengganti sarapan anda. Karena kulit apel juga mengandung senyawa antioksidant, maka untuk anda yang gemar mengkonsumsi apel, ada baiknya anda memakan dengan kulitnya agar khasiat buah apel menjadi maksimal di tubuh anda. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar