Jumat, 14 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis - Kulit buah yang berwarna ungu dengan daging buah putih bersih membuat orang tidak sabar mencicipinya. Rasanya yang manis dan sangat enak itu pun membuat buah manggis menjadi salah satu buah yang selalu dinanti oleh semua orang.

buah manggis

Buah yang memiliki gelar buah ratu (The Queen of Fruit) ini berawal karena buah ini pernah sangat diinginkan oleh Ratu Victoria Inggris bahkan beliau akan memberikan upah yang sangat besar bagi siapa saja yang bisa membawakan buah yang sangat enak dan segar ini.

Buah manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana L. merupakan tanaman yang dipercaya asli dari Asia Tenggara. Karakteristik lingkungan yang spesifik hanya bisa tumbuh pada hutan dataran tinggi hutan membuat pohon ini banyak ditemui di Filipina, Thailand, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Australia Utara, dan Hawaii. Pohonnya yang mencapai 10-30 meter dan memerlukan waktu 10-15 tahun aga r bisa berbuah membuah buah manggis mendapat gelar pohon yang tumbuhnya paling lambar namun juga umurnya paling panjang.

Khasiat buah manggis yang sangat beragam juga membuah buah ini semakin banyak diminati oleh orang-orang. Bahkan saat ini pohon ini telah dibudidaya di negara-negara Eropa agar mereka dapat menikmatinya juga disana. Khasiat buah manggis bukan saja untuk kesehatan melainkan untuk kecantikan juga sudah banyak digunakan. Kandungan apa sajakah yang terdapat dalam buah manggis sehingga mampu menarik perhatian banyak peneliti?

- Xanthone, merupakan sebuah senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada buah manggis yang mampu berfungsi sebagai antioksidant. Kandungan xanthone paling banyak ditemui di kulit buah manggis, itulah sebabnya banyak orang terdahulu menjadikan kulit manggis obat dengan proses perebusan terlebih dahulu.

khasiat buah manggis selain untuk mencegah kanker, bagi yang sudah terkena kankerpun baik mengkonsumsi manggis karena buah ini juga dapat menginduksi terjadi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker tersebut. Kanker yang terbukti dapat diatasi dengan baik menggunakan xanthone adalah kanker liver, sistem pencernaan, paru-paru, dan kulit. Antioksidan xanthone juga sangat baik untuk kesehatan jantung, mengatasi tuberculosis (TB), asma, dan penyakit leukemia.

Selain itu karena sifatnya yang antijamur dan antibakteri maka buah manggis juga bagus dijadikan obat jerawat. Khasiat buah manggis karena kandungan xanthone-nya juga mampu digunakan sebagai obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kolesteroljahat (LDL), mengatasi batu ginjal, dan mampu mengobati penyakit diabetes.

- Vitamin E dan C. Kedua vitamin ini tentu anda sudah familiar dengan fungsinya, benar kedua vitamin ini selain untuk pertahanan tubuh juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Vitamin E dan C menbuah khasiat buah manggis juga baik untuk kulit karena mampu mencegah terjadinya kerutan, membuah kulit lebih cerah, dan membuat kulit lebih halus. Banyaknya kandungan vitamin ini juga membuat buah manggis mampu dijadikan sebagai buah pengembali energi.

Banyak sekali bukan khasiat buah manggis walau kandungan utamanya hanya xanthone. Mengkonsumsi buah manggis dianjurkan setiap hari karena dapat melawan semua penyakit dan membuat antibody di tubuh kita ini menjadi kuat. Buah dan kulit buah yang kaya manfaat ini memang sangat baik dijadikan sumber antioksidant untuk anda yang ingin melawan radikal bebas pada tubuh anda. Namun untuk anda yang sedang hamil sebaiknya konsumsi buah ini sedikit dibatasi ya karena kandungannya belum cocok untuk janin anda. Selamat menikmati buah ratu ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar