Minggu, 23 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka - Bulat dan besar merupakan gambaran umum buah semangka ini. Kandungan airnya yang sangat banyak membuat buh ini memang enak dikonsumsi terutama saat cuaca panas. Kesegaran akan rasa manis dan tekstur yang lembut membuat buah ini enak dikonsumsi secara langsung.

buah semangka

Buah dengan nama latin Citrullus vulgaris dari family Cucurbitaceae  memiliki uikuran yang memang besar dengan biji berukuran kecil yang tersebar di daging buahnya. Buah semangka pada awalnya ada di Afrika, kemudian buah ini dibudidayakan di Mesir dan akhirnya tersebar di wilayah Mediterania. Buah ini juga menjadi kebanggaan raja-raja Mesir pada zaman dahulu, bahkan ketika meninggal masih saja banyak orang yang menyimpan semangka sebagai persembahan.

Kandungan air yang mencapai 92% setiap buahnya membuat bobot buah ini menjadi cukup berat hingga mencapai 8 kg. Khasiat buah semangka juga sangat banyak, kandungannya yang beragam menambah poin plus untuk mengkonsumsi buah ini. Apa saja khasiat buah semangka dan kandungannya ini?

1. Mineral. Kandungan mineral yang beragam terdapat di buah semangka ini, meski jumlah dari masing-masing mineral kecil namun ragamnya yang lengkap membuat anda dianjurkan memakan buah ini. Kandunga mineral paling tinggi adalah tembaga sebanyak 7% yang berfungsi dalam proses pembentukan darah, mencegah anemia, dan melancarkan metabolism tubuh. Kalium yang terdapat sebanyak 4% ini penting untuk kerja otot, dan fungsi jantung. Magnesium juga terdapat pada semangka sebanyak 4% dengan fungsi untuk membantu dalam pengaturan detak jantung. Mineral lain yang terkandung dalam semangka adalah kalsium, zat besi, fosfat, sodium, zinc, dan mangan yang masing-masing berfungsi sebagai faktor penting penunjang kesehatan anda.

2. Vitamin C. Kandungan vitamin C sangat banyak di dalam buah semangka. Khasiat buah semangka karena adanya kandungan ini adalah membantu fungsi tubuh, penyerapan makanan, penyembuhan luka, kesehatan kulit, dan pertahanan sistem imun. Kandungannya yang mencapai 16% juga mampu mencegah anda terkena stress. Konsumsi vitamin C sangat baik dilakukan setiap hari tetapi jangan sampai kelebihan yak arena vitamin C yang dikonsumsi berlebihan akan dikeluarkan lewat urin dan secara perlahan akan membuat kerja ginjal semakin berat, saying kan?

3. Kandungan lain. Kandungan asam pentoneat, vitamin B6 dan A menambah ragamnya khasiat buah semangka. Asam pentoneat merupakan senyawa penting untuk tubuh bermetabolisme dengan lancar. Vitamin B6 membantu kerja sistem syaraf dan membantu produksi hormon yang tepat untuk digunakan di dalam tubuh. Vitamin A tentu saja akan membantu anda dalam menjaga kesehatan mata anda terutama mampu menajamkan penglihatan anda saat malam hari. Jadi untuk anda yang membutuhkan energi yang segar konsumsi buah semangka sangat baik untuk anda.

4. Licopen. Licopen merupakan salah satu karotenoid yang bersifat sebagai antioksidant. Dengan adanya licopen anda akan terbebas dari rasa stress dan terlindungi dari radikal bebas akibat lingkungan yang tidak mendukung. Locopen juga sudah teruji mampu mencegah anda dari penyakit kanker prostat dan penyakit jantung.

5. Rendah lemak dan rendah kalori. Dengan rendahnya kandungan lemak dan kalori membuat buah semangka ini cocok untuk anda yang sedang menjalani diet. Buah semangka juga cocok dijadikan sumber energi yang diperlukan dengan cepat karena kandungan nutrisinya mudah diserap oleh tubuh. Hal ini juga menyebabkan semangka baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Banyak bukan khasiat buah semangka ini, cepat mengkonsumsi buah ini ya untuk merasakan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar