Kamis, 13 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak

Khasiat buah sirsak memang tidak diragukan lagi. Kata sirsak diambil dari bahasa Belanda, yaitu “zuurzak”, yang artinya adalah kantung asam. Jenis buah ini biasanya ditanam di daerah yang cukup berair.
Pohon sirsak bisa tumbuh mencapai 9 meter.

khasiat buah sirsak

Di Indonesia, pohon sirsak tumbuh dengan baik  pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Khasiat buah sirsak memang banyak namun, nampaknya pemanfaatan sirsak hanya sebatas pada buahnya saja, padahal tidak hanya buah saja yang berkhasiat namun, banyak bagian lain yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Daun Sirsak
Daun sirsak ternyata sangat ampuh untuk mengatasi penyakit kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kemampuan dan kandungan daun sirsak lebih bermanfaat dari kemoterapi karena kandungannya lebih kuat 10 ribu kali lipat.

Dari berbagai studi para ilmuwan membuktikan bahwa daun sirsak yang diekstrak  terbukti bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Selain itu  batang dan daun sirsak ternyata juga  efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute Daun sirsak pun sangat membantu kita untuk meningkatkan energi, dan dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Buah Sirsak
Buah sirsak dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Di dalam buah sirsak terdapat kandungan lemak yang sangat sedikit (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk anda yang  sedang diet dan tidak ingin gemuk.

Hanya dengan menkonsumsi 300 gram daging buah sirsak kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), dapat terpenuhi. Hal ini karena kandungan Vitamin C yang dominan pada buah sirsak ( sekitar 20 mg per 100 gram daging buah)

Selain itu kita dapat memperlambat proses penuaan karena vitamin C yang terkandung dalam buah sirsak merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik. Inilah salah satu khasiat dari buah sirsak yang ternyata dapat membuat kita awet muda.

Buah sirsak juga berkhasiat menghambat Osteoporosis sekaligus berguna dalam pembentukan tulang karena adanya mineral fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g . Khasiat buah sirsak dapat  memberikan efek anti tumor/kanker, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Hal ini diungkapkan oleh Health Sciences Institute

Akar sirsak
Sebelum dikonsumsi akar biasanya diolah terlebih dahulu dalam bentuk teh berfungsi sebagai antikejang, antidiabetes, obat penenang sekaligus menurunkan tekanan darah.

Kulit Batang Pohon Sirsak
Biasanya kulit batang pohon sirsak direbus terlebih dahulu menggunakan air sebelum dikonsumsi. Air rebusan ini berkhasiat untuk pengobatan asma, batuk, penenang dan hipertensi. Air rebusan kulit batang pohon sirsak diyakini  dapat memperbaiki sistem kerja jantung oleh bangsa Haiti. Sedangkan masyarakat Peru memanfaatkannya sebagai obat untuk kencing manis. Di daerah Amazon, masyarakat menggunakannya sebagai obat diabetes dan anti kejang.

Biji Sirsak
Senyawa alkaloid yang terkandung dalam biji buah sirsak biasa digunakan sebagai pestisida nabati di Indonesia.

Sedangakan oleh masyarakat awam biji buah sirsak diyakini sebagai anticacing (vermifuges) dan pembunuh kecoa. Sedangkan Bangsa Brazil menggunakan minyak biji sirsak sebagai astringent/ toner pembersih permukaan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar