Senin, 10 Desember 2012

Khasiat Buah Jeruk

Khasiat Buah Jeruk - Jeruk adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Khasiat buah jeruk sangat bermacam macam, baik itu khasiat untuk kesehatan ataupu khasiat untuk perawatan wajah dan kecantikan, bahkan sangat berguna juga untuk menambah citarasa masakan dan makanan.

buah jeruk

Banyaknya khasiat buah jeruk yang bisa dinikmati oleh kita, membuat jeruk ini laris di pasaran. Mulai dari pasar tradisional, sampai pasar modern seperti supermarket pasti menjual buah yang satu ini. Hal ini dikarenakan minat dan permintaan masyarakat terhadap buah yang satu ini selalu tinggi.

Oke, langsung saja kita bahas apa saja khasiat buah jeruk ini. Check this out!!

Khasiat buah jeruk sebagai Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan supply vitamin C yang cukup, maka manusia bisa terhindar dari berbagai penyakit. Adapun beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh antara lain :

- Anemia
Penyakit yang sering disebut dengan kurangya sel darah merah ini ternyata disebabkan juga oleh kurangnya vitamin C. Khasiat buah jeruk yang kandungan vitamin C-nya sangat tinggi, bisa digunakan untuk menanggulangi penyakit yang satu ini. Ini disebabkan, vitamin C yang terdapat dalam tubuh sangat membantu dalam penyerapan zat besi, sehingga sel darah merah dalam tubuh dapat terkontrol dengan zat besi yang lebih banyak diserap tubuh.

- Radang Gusi
Gingitivis atau radang gusi sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan, banyak juga orang dewasa yang mengalaminya. Radang gusi adalah sebuah peradangan yang terjadi pada bagian gusi yang terdapat karang gigi atau plak. Biasanya radang gusi ditandai dengan menjadi merahnya gusi, serta menjadi agak bengkak, dan kadang terasa sakit.

Dengan asupan vitamin C yang cukup, maka sakit radang gusi ini bisa diantisipasi. Memakan buah jeruk adalah salah satu cara paling mudah dan enak untuk membantu tubuh menyerap vitamin C, karena khasiat buah jeruk yang sangat banyak mengandung vitamin C.

- Kulit Kering dan Bersisik
Kurangnya  vitamin C ternyata sangat berpengaruh buruk pada kulit, dimana kulit menjadi kering dan bersisik. Salah satu ciri kulit kering adalah saat digaruk, akan terdapat bekas garukan yang berwarna putih, hal ini adalah salah satu cirinya. Tanda yang lain lagi, adalah munculnya kerutan kerutan pada bagian tubuh tertentu, terutama wajah.

Hal ini disebabkan oleh pigmen kolagen yang berapa pada lapisan epidermis terbawah kulit tidak mendapatkan konsumsi vitamin C yang cukup, sehingga kolagen yang seharusnya bisa menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit tidak bisa bekerja secara maksimal.

Itulah beberapa penyebab kekurangan vitamin C, dan buah jeruk adalah salah satu solusi yang bisa digunakan untuk menyuplai dan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit di atas.

Selain untuk kesehatan, khasiat buah jeruk juga sangat bagus untuk perawatan wajah, yaitu untuk membuat wajah lebih bersih bersinar dan memperkecil pori pori serta mengobati jerawat. Caranya adalah dengan mempergunakan buah jeruk nipis atau jeruk lemon yang diiris tipis, kemudian tempelkan di wajah selama beberapa ment. Biarkan wajah merasakan kesegaran dari tempelan irisan jeruk nipis/lemon tersebut, selanjutnya bilas dan bersihkan dengan air bersih.

Itulah berbagai khasiat buah jeruk bagi kesehatan dan perawatan wajah. Maka dari itu, mari kita biasakan untuk mengkonsumsi buah penuh khasiat ini. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar