Selasa, 25 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas - Memiliki hidup sehat adalah dambaan semua orang dimana banyak orang menghabiskan banyak uang untuk membeli vitamin maupun makanan lain sebagai penunjang kesehatan. Sebenarnya tidak harus dengan menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan makanan yang sehat.

buah nanas

Mengkonsumsi banyak buah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan kita. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa buah-buahan memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kita dan mengandung banyak vitamin dan mineral, serat, serta antioksidan. Dari banyak macam buah-buahan yang ada di Indonesia, buah nanas yang merupakan buah yang tumbuh di iklim tropis ini menjadi topik pembahasan tentang banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya.

Buah nanas tumbuh sebanyak 2 sampai 3 kali setahun di negara beriklim tropis seperti Indonesia yang banyak mengandung vitamin A  dan  C. Vitamin A yang terkandung di dalam buah nanas yaitu baik untuk menjaga kesehatan mata, dapat membantu proses penyembuhan luka secara cepat, membantu menyehatkan kulit, rambut, gigi, mengatasi jerawat hingga melawan HIV. Sedangkan Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas yaitu untuk melindungi  tubuh dengan mendapatkan antioksidan didalamnya, penghilang racun dalam tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya seperti jantung koroner, strook dan katarak.

Selain kedua vitamin tersebut, buah nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain yang terkandung dalam buah nanas diketahui memiliki fungsi yang dapat mengubah protein dalam daging, susu, dan gelatin sehingga menjadi makanan basah dan lembek. Oleh sebab itu biasanya banyak ahli makanan yang menganjurkan meletakkan potongan nanas diatas daging guna melembekkan daging. Selain itu fungsi Bromelain juga dapat mengatasi antiradang, dapat melunakkan makanan di lambung serta kandungan serat didalamnya dapat membantu melancarkan sembelit. Phitochemical adalah salah satu zat yang terkandung dalam buah nanas yang berfungsi sebagai antioksidan.

Khasiat buah nanas yang lain yaitu:

  1. Menurunkan berat badan, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Dalam hal ini, air perasan nanas sangat bagus untuk dikonsumsi
  2. Dapat mencegah penyakit flu karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai menjaga sistem kekebalan tubuh.
  3. Dapat mencerahkan kulit.
  4. Membantu proses pencernaan makanan di dalam lambung.
  5. Mengurangi resiko hipertensi.
  6. Mencegah kanker.
  7. Mencegah penyakit beri-beri.
  8. Mencegah penyakit cacingan.
  9. Mencegah penyakit radang tenggorokkan.
  10. Dapat menghilangkan ketombe dengan cara menggosokkan parutan buah nanas yang telah di peras dan disaring dan dicampur dengan perasan jeruk nipis ke kepala. Lakukan sebelum tidur.
  11. Dapat menyembuhkan gatal dan bisul dengan cara menumbuk daun buah nanas dan oleskan pada bagian yang sakit.
  12. Membantu menyembuhkan sinusitis dan bronkhitis.
  13. Mencegah penyakit adema. Selain enzim bromelain, dalam buah nanas juga terdapat asam aspartic yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain khasiat buah nanas yang baik namun ada hal lain yang harus diperhatikan dalam buah nanas yaitu efek sampingnya. Efek sampingnya yaitu untuk membantu pengguguran kandungan karena terdapat kandungan abortivum, pemicu rematik karena buah nanas akan terfermentasi menjadi alkohol didalam saluran cerna yang memicu penyakit rematik, dapat meningkatkan gula darah sehingga bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah nanas, serta dapat menimbulkan rasa gatal pada pengkonsumsinya seperti rasa gatal dimulut dan lidah. Maka sangat dianjurkan untuk mencucinya dengan air garam sebelum mengkonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar