Kamis, 20 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Pir

Khasiat dan Manfaat Buah Pir - Buah yang dipercaya hadiah dari Tuhan ini memang banyak dikonsumsi oleh seluruh orang di dunia. Buah pir ini sudah ditemukan di negara China sejak tahun 1134 SM. Karena bentuk buahnya yang unik, tekstur yang berbeda dari buah lainnya, buahnya yang putih kekuningan, serta mengandung banyak air menjadikan buah ini symbol keabadian bagi masyarakat China.

buah pir

Simbol yang dianggap sakral ini membuat mereka jarang berbagi buah pir kepada orang lain lain karena takut akan menimbulkan kehancuran dan perpisahan. Masyarakat China juga sering menggunakan daun tanaman pir ini untuk rokok dengan cara menggulungnya.

Pada tahun 1000 SM buah pir ini dibawa ke Eropa dan  dikembangbiakan disana baru pada tahun 1620 tanaman ini ada di Amerika Utara di kawasan Massachunsetts Bay. Di Romawi sendiri buah ini baru ada pada tahun 1700 yang kemudian dikenal sebagai buah para dewa karena teksturnya yang lembut.

Buah pir ini memiliki nama latin yang berbeda-beda bergantung daerahnya contohnya adalah Pyrus communis untuk daerah pir Amerika dan Pyrus pyrifolia untuk pir daerah Asia Timur. Kepamoran dari pir ini tentu saja karena khasiat buah pir yang beragam. Kandungan nutrisi dari buah ini juga cukup komplit sehingga bagus dalam mencegah beberapa penyakit. Apa saja khasiat buah pir ini?

1. Mencegah kanker dan kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung. Adanya senyawa Quercetin yang termasuk dalam golongan flavanoid ini memang berfungsi sebagai antioksidant yang baik dalam mencegah penyakit jantung. Senyawa quercetin juga dipercaya sebagai pencegah penyakit Alzheimer. Kandungan metabolit sekunder ini terdapat banyak di kulit pir, jadi makan pir beserta kultnya ya agar khasiat buah pir dapat anda rasakan.

2. Menurunkan kolesterol. Kemampuan buah pir dalam menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Selain itu kandungan kalium dan serat juga memaksimalkan manfaat yang satu ini.

3. Mengurangi resiko diabetes mellitus tipe 2. Kandungan glycemic index (GI) pada pir tergolong rendah. Kandungan GI yang rendah sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit diabetes atau obesitas karena gula yang dikandungnya akan diserap perlahan oleh tubuh yang menyebabkan kenaikan gula dalam darah tidak langsung drastic. Dengan kata lain pir juga baik dijadikan asupan oleh orang yang menjalani diet karena dapat menunda rasa lapat dalam waktu yang cukup lama.

4. Baik untuk pencernaan dan usus. Kandungan seratnya yang tinggi membuat buah pir ini bagus untuk usus karena serat bantu mempercepat proses pencernaan sekaligus mengontrol kadar glukosa dalam darah sehingga penyerapan karbohidrat menjadi maksimal sekaligus tidak memberatkan kerja usus. Vitamin C juga membantu proses ini. Khasiat buah pir yang kaya akan serat juga dapat melancarkan buang air besar dalam kata lain mampu mencegah dan menyebuhkan sembelit. Selain serat, kandungan pectin yang tinggi juga bantu memecahkan masalah sembelit anda.

5. Kesehatan tulang, tekanan darah, menambah energi, membantu kesehatan saat hamil, dan kejelasan penglihatan. Khasiat buah pir memang sangat lengkap karena kandungannya juga yang lengkap. Kandungan yang mampu membuat pir memiliki khasiat yang telah disebutkan di atas antara lain tembaga, asam folat, vitamin A, dan mineral penting lainnya.

Banyak bukan khasiat buah pir ini? Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah hadiah dari Tuhan ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar