Selasa, 11 Desember 2012

Khasiat Buah Kiwi

Khasiat Buah Kiwi - Kiwi merupakan salah satu buah dimana pada kulit buahnya terdapat bulu halus. Warna kulit buahnya yang coklat dan daging buah yang berwarna hijau membuah kiwi semakin menarik dilihat. Apalagi rasanya yang asam dan manis membuat segar bagi siapa saja yang menyantap.

buah kiwi

Actinidia deliciosa merupakan nama latin dari buah ini, berasal dari family Actinidiace merupakan buah yang berasal dari negara Cina. Pada tahun 1904 buah ini dibawa oleh Isabel Frasier ke daerah Selandia Baru. Oleh seorang ahli botani, Alexander Allison, buah ini dikultivasi dan ternyata mampu tumbuh dengan sangat baik. Kepamoran buah ini terus menyebar ke negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Perancis, Italia, Spayol, Chili, Australia, Afrika Selatan, Rusia, hingga akhirnya ke seluruh dunia.

Hingga sampai saat ini Selandia baru mamsih menjadi negara pengekspor buah kiwi terbesar. Kepamoran buah ini tentu saja dikarenakan khasiat buah kiwi yang sangat banyak. Tidak hanya untuk kesehatan, khasiat buah kiwi juga sudah teruji baik untuk kecantikan kulit anda, baik untuk mengatasi kulit kering, pecah-pecah, maupun kulit berminyak. Kandungan apa saja yang terdapat dalam buah ini sehingga memiliki khasiat begitu banyak?

1. Asam folat. Asam folat merupakan mineral penting yang dibutuhkan janin dalam pembentukan otak dan syaraf tulang belakang, oleh karena itu mengkonsumsi kiwi pada masa kehamilan memang baik untuk anda.

2. Sumber asam amino Arginin dan Glutamat. Khasiat buah kiwi karena adanya kedua asam smino tersebut adalah mampu menurunkan tekanan darah. Dengan menurunnya tekanan darah banyak keuntungan lain yang diperoleh seperti mengobati gejala impotensi akibat diabetes dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sehingga buah kiwi ini baik dikonsumsi penderita diabetes untuk mencegah terjadinya impotensi pada diri anda atau pasangan anda.

3. Sumber elektrolit. Elektrolit diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan stamina. Oleh karena itu untuk anda yang mudah letih atau senang berolahraga mengkonsumsi kiwi cukup mengembalikan energi anda kembali.

4. Vitamin. Kandungan yang terdapat di buah kiwi adalah vitamin C, A (lutein dan Beta Karoten), B1, B2, B6, dan E. Dengan adanya jenis vitamin ini khasiat buah kiwi juga bisa untuk meningkatkan pertahanan sistem imun dan membuat kondisi tubuh tetap fit. Vitamin A juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi kiwi juga lebih baik dibandingkan sayuran karena kandungan vitamin dalam buah ini lebih mudah diserap dibandingkan vitamin di dalam sayur. Vitamin B dapat membantu kesehatan otak sehingga khasiat buah kiwi juga baik untuk meningkatkan kemampuan otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Vitamin E tentu untuk kesehatan kulit, peremajaan sel-sel mati, serta membuat kulit tidak kasar hal inilah yang menyebakan kiwi banyak dijadikan masker.

5. Kandungan-kandungan lain seperti fosfor, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, mangan, dan tembaga menambah lengkapnya manfaat kiwi untuk kesehatan.

Lengkapnya kandungan gizi di dalam buah kiwi membuat buah ini memang baik untuk di konsumsi. Selain itu, kiwi juga bisa dijadikan makanan alternatif untuk diet, mampu mengatasi sembelit, dan mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Kandungan yang lengkap ini menjadikan buah ini menjadi buah dengan gelar “The High Nutrient Food” karena kepadatan gizi yang dikandungnya membuat kiwi ini memiliki mutu yang paling baik. Banyak bukan khasiat buah kiwi ini? Jangan ragu untuk menambahkan buah ini di daftar belanjaan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar