Minggu, 16 Desember 2012

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga

Khasiat dan Manfaat Buah Mangga - Buah berwarna orange segar ini pasti anda kenal, mangga merupakan buah yang memiliki nama latin Mangifera indica berasal dari family Anacardiaceae. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat mangga enak dikonsumsi secara langsung baik dibuat campuran dengan buah lain.

buah mangga

Mangga merupakan buah yang berasal dari Asia bagian selatan, terutama Burma dan India bagian timur sejak 4000 tahun silam. Buah ini juga dipercaya dikonsumsi oleh para Buddha terdahulu. Mangga ini mulai dikultivasi di Malaya dan Afrika bagian timur yang kemudian dibawa ke California sekitar tahun 1880.

Sejak saat ini mangga mulai ditanam di Brazil, Hawaii, dan Florida karena dibawa oleh Portugis. Buah ini juga disebut sebagai “National Fruit of India” (buah asli bangsa India) sehingga penggunaan mangga di India juga bisa sebagai bahan ritual-ritual keagamaan. Hingga saat ini mangga diekspor oleh negara India, selain negara Thailand, China, Brazil, dan Meksiko. Banyaknya orang yang mengkonsumsi buah ini juga dikarenakan khasiat buah mangga sangat banyak dan beragam.

Kandungan nutrisi yang beragam pada buah inilah yang memungkinkan khasiat buah mangga jadi beragam juga. Buah mangga memiliki sedikit lemak tak jenuh, kolesterol, dan sodium dan banyak mengandung serat, vitamin B6, A, dan C. mineral yang terkandung dalam buah mangga juga sangat banyak seperti kalium, magnesium, dan tembaga.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber terbaik senyawa antioksidant quercetin, betakaroten, dan astragalin. Senyawa antioksidant ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang mana dapat menimbulkan banyak penyakit seperti penyakit jantung, penuaan dini, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Khasiat buah mangga yang sangat beragam memang sangat ditentukan oleh kandungannya dan masing-masing dari kandungan ini memiliki fungsi masing-masing dalam membantu kesehatan tubuh. Apa saja kah khasiat buah mangga untuk tubuh?

- Mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah sangat tidak baik bagi kesehatan, dampak lain dari tinggi maupun rendahnya tekanan darah juga banyak. Sehingga kestabilan tekanan darah memang perlu dijaga. Mangga merupakan salah satu buah yang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan tin gginya kandungan kalium dan magnesium. Selain itu mangga juga mengandung selenium, kalsium, zat besi, fosfat, vitamin B6, A, C, K, niacin, folat, thiamin, asam pantoneat, dan riboflavin. Semua kandungan tersebut bersama-sama dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

- Mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. Kandungan pectin (salah satu serat) pada mangga ini berfungsi untuk menurunkan kolesterol di dalam darah. Selain itu pencegahan kanker prostat dan kanker saluran pencernaan.

- Meningkatkan berat badan. Untuk anda yang mengalami kesulitan dalam menaikkan berat badan, mengkonsumsi mangga sangat dianjurkan. Hal ini dikarena banyaknya kalori dan jenis pati yang terkandung di dalam buah para Buddha ini. Dalam 150 gram mangga terdapat 86 kalori yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

- Membantu saluran pencernaan. Khasiat buah mangga lain adalah mampu mengurangi kadar asam pada lambung sehingga untuk penderita maag juga baik mengkonsumsi mangga yang sudah matang.

- Menyembuhkan anemia dan membantu memenuhi nutrisi kehamilan. Mangga yang kaya akan zat besi ini memang bagus untuk penderita anemia dalam meningkatkan jumlah darah didalam tubuh. Demikian juga dengan kehamilan yang memerlukan banyak zat besi.

Khasiat buah bangga lainnya adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh, kesehatan otak, menunda penuaan, mengobati jerawat, dan mengobati diabetes. Dengan banyaknya manfaat buah ini jangan ragu untuk menkonsumsinya, baik dibuat jus, langsung di makan, maupun dicampurkan dengan buah lain mangga tetap membantu anda memenuhi nutrisi anda. Selama mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar