Rabu, 16 Januari 2013

Penyebab Munculnya Uban Pada Rambut

rambut beruban
Penyebab Rambut Uban - Rambut manusia yang rata-rata hitam suatu saat akan berubah memutih atau disebut uban, uban muncul pada mereka yang telah menginjak usia lanjut dimana nutrisi yang seharusnya diserap rambut tidak bisa dimaksimalkan.

Namun apa yang terjadi jika uban itu muncul pada usia yang bisa dibilang relatif muda? memiliki uban di usia muda memang terkadang menjadi sesuatu yang memalukan bagian sebagian orang karena tentu saja itu akan mempengaruhi penampilan nantinya. dipasaran memang banyak terdapat produk dimana mampu menghilangkan rambut uban dengan cepat contohnya adalah cat rambut. namun itu hanya sementara dan saya rasa anda mungkin tidak mempunyai waktu setiap kali uban tersebut muncul saat itu juga rambut akan dicat kembali. selain tidak praktis cara seperti itu malah akan merusak rambut lebih buruk lagi.

Hal yang perlu ditahui dari masalah rambut uban adalah penyebab munculnya uban tersebut, dengan mengenali penyebab maka rambut uban juga bisa dihindari atau setidaknya mampu menunda munculnya uban.

1. Kurangnya asupan vitamin
Disadari atau tidak pola hidup orang-orang sekarang yang cenderung tidak peduli dengan dampak kesehatan yang mungkin timbul membuat tubuh juga akan mendapatkan dampaknya. Selain pola hidup yang tidak teratur juga tidak seimbang asupan gizi dan zitamin juga mejadi salah satu penyebab. Kekurangan vitamin B yang didapat dari buah dan sayuran dapat menyebabkan anemia sehingga pigmen rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga munculah uban.

2. Rambut kekurangan sebum
Apa itu sebum? sebum adalah cairan yang bertugas menjaga kelembaban alami pada rambut. zat ini akan hilang ketika tubuh tidak lagi mendapatkan mineral seperti zat besi. dan ini akan mengakibatkan rambut menjadi kering sampai akhirnya rambut menjadi beruban.

3. Gaya Hidup yang tidak sehat
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pola hidup tidak sehat seperti rokok dan alkohol berperan besar pada kesehatan seseorang. dan ini juga ternyata mempengaruhi, walau belum ditemukan penyebabnya sebuah penelitian di Amerika mendapatkan bahwa perokok aktif cenderung lebih cepat beruban empat kali dari orang yang bukan perokok.

4. Stres
Banyak orang beranggapan bahwa tumbuh uban di usia muda itu adalah hasil dari stres atau tekanan pikiran yang terlalu berat. dan ini ternyata memang benar. stres membuat otak lebih banyak bekerja dan membutuhkan banyak vitamin, oksigen, serta zat besi untuk dapat berfikir. namun karena asupan nutrisi yang tidak cukup dan tidak seimbang membuat sisa nutrisi yang seharusnya untuk kesehatan pigmen rambut dialihkan untuk berfikir sehingga rambut menjadi tumbuh uban.

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang rambut uban adalah uban tidak selalu muncul dari batang rambut baru, namun juga pada helai rambut yang telah ada lalu ia memutih karena penyebab-penyebab yang seperti dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar