Jumat, 18 Januari 2013

8 Tips mencegah Penyakit Mata datang kepada anda

Mata yang kita punya merupakan anugrah dari Tuhan. Kita diwajibakan untuk merawat dan mencegah penyakit mata yang datang kepada kita. Menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan ada 45 juta penderita kebutaan di planet bumi dan ternyata sepertiganya berada di wiliayah Asia Tenggara. Jadi jangan sampai kita termasuk dalam sepertiganya tersebut. Trus bagaimana mencegah penyakit mata? ya dirawat jawabannya! gimana merawatnya? Oke saya kasih info berikut, disimak ya?


  1. Makan makanan yang sehat dan bernutrisi. Memperhatikan makanan sangat penting, jangan hanya karena enak dan nikmat lantas kita abaikan kesehatan kita. Pilihlah makanan sayuran buah dan bila perlu konsumsi multivitamin yang didalamnya terdapat berbagai vitamin.
  2. Hindari Kebiasaan Hidup Buruk Cara ini sebenarnya berlaku untuk menjaga kesehatan seluruh badan yaitu menghindari minumanng ya beralkohol dan menghilangkan kebiasaan merokok. Para ilmuwan mengatakan, merokok dapat membuat mata katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), serta kerusakan saraf pada mata. Dan terlalu banyak minum alkohol dapat membuat reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata. 
  3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata. 
  4. Senam Mata Bagaimana cara melakukan senamnya? gampang kok. Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.
  5. Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga Kemungkinan penyakit mata bisa muncul karena faktor keturunan. Maka daripada itu, mengetahui sejarah mata dalam keluarga anda sendiri adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahuinya, kita sebagai anak dapat mencegah agar penyakit mata turunan dengan mengkonsultasikannya pada dokter.
  6. Pakai Pelindung Mata Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya. 
  7. Jangan menggosok mata dengan tangan, karena dapat menyebabkan iritasi.
  8. Jaga Jarak antara monitor/televisi ketika anda menontonnya. Karena cahaya yang berlebih masuk kedalam mata anda, akan berpengaruh jangka panjang kepada kesehatan mata anda. 


Munkin itu tips mencegah penyakit mata. Yang paling ditekankan adalah makanan yang kita makan haruslah bernutrisi dan kebiasan-kebiasaan yang merusak mata agar segera merubahnya, tentunya dengan niat dan kesungguhan. Kesehatan mata akan selalu terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar