Jumat, 18 Januari 2013

Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba cara berkendara perlulah diperhatikan untuk tujuan keselamatan dan kenyamanan disamping itu juga akan tetap menjaga kendaraan dalam kondisi yang baik.

berkendara saat jalanan basah

Tidak memperhatikan cara berkendara saat musim hujan bisa saja membuat sesuatu hal yang fatal di jalan raya karena kondisi jalan yang basah karena hujan tentu akan berbeda dengan kondisi saat jalanan kering.

Untuk itu berikut beberapa tips berkendara di jalan raya saat musim hujan.

1. Jaga batas kecepatan
Pastikan anda sadar untuk menjaga kecepatan kendaraan saat musim hujan lalu jarak pandang serta lingkungan disekitar jalan.

2. Perhatikan RPM
Ini penting karena jika tidak anda bisa celaka dijalan, mengapa? karena putaran RPM yang terlalu tinggi dapat menimbulkan slip pada ban. tipsnya adalah untuk anda yang memiliki kendaraan dengan bahan bakar bensin pada kondisi jalan basah karena hujan usahakan jaga putaran RPM 2500rpm dan untuk anda yang memiliki kendaraan bermesin diesel adalah 1800rpm. ini bertujuan agar traksi roda tetap pada kondisi optimal.

3. Menghidupkan lampu
Perhatikan saat anda berkendara pada saat hujan dimana jarak pandang pada situasi tertentu menjadi sangat rendah, bisa disebabkan karena lebatnya hujan atau karena geografi dimana saat anda berkendara adalah dataran tinggi jadi sedikit saja hujan dapat menyebabkan kabut yang tebal. tujuannya adalah untuk memberikan sinyal kepada kendaraan lain keberadaan kendaraan anda.

4. Perhatikan jarak antar kendaraan
Pada kondisi jalan basah sangat sulit sekali atau butuh waktu untuk berhenti atau memperlambat laju karena ban kendaraan saat basah tidak mencengkram dengan baik.

5. Perhatikan Kecepatan
Hal ini berkaitan dengan poin kita ke empat dimana roda tidak mencengkram dengan baik saat kondisi jalanan basah jadi hindarilah berkendara pada kecepatan tinggi.

6. Hindari genangan air
Genangan dalam hal ini adalah dimana jalan sudah tidak terlihat lagi, jadi suatu yang tidak dianjurkan jika ingin menerjang genangan banjir. banyak orang mencoba-coba kemampuan kendaraanya masih bisa melewatinya dan akhirnya mesin mati karena tergenang. namun jika kendaraan anda didesain untuk hal itu kita rasa tidak ada masalah, namun begitu tetap saja tingkat genangan disesuaikan dengan tinggi genangan sampai ke mesin.

7. Tetap waspada dan berkonsentrasi
Walau kita telah awas tentang cara berkendara di jalan tetap saja ada orang yang berkendara dengan cara yang berbahaya dan anda harus sadar akan orang tersebut bisa saja berbahaya, jadi kembali kepada poin ke empat. atur jarak kendaraan anda agar jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi anda masih punya waktu untuk bereaksi.

dan itulah beberapa tips kita kali ini, selain pada poin-poin diatas tidak ada salahnya jika anda mulai mencari asuransi yang cocok untuk kendaraan anda. dan jangan lupa perhatikan resiko mana saja yang bisa diklaim oleh asuransi tersebut. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar